Sabtu, 21 Maret 2009

AMBISIUS, KOMPUTER INGIN SAMAI OTAK MANUSIA



Raksasa komputer IBM tengah membesut proyek ambisius, yakni menciptakan komputer yang diharapkan mampu beroperasi seperti otak manusia.
Mereka bekerja sama dengan 5 universitas di Amerika Serikat (AS) dalam proyek senilai US$ 4,9 juta tersebut.

Dikutip detikINET dari InformationWeek, Senin (24/11/2008), proyek bertajuk 'Cognitive Computing via Synaptronics and Supercomputing' ini didanai lembaga Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), bagian dari badan pertahanan AS, Pentagon.

Tentu ada latar belakang mengapa proyek ini dirilis. IBM memaparkan, volume data digital terus meledak, namun kemampuan teknologi untuk memprosesnya makin tertinggal. Maka, komputer yang meniru cara kerja otak manusia diharapkan bisa mengintegrasi dan menganalisis banyak data dari berbagai sumber secara cepat.

Dalam proyek ini, IBM bakal meneliti secara mendalam fungsi dan struktur otak manusia, untuk kemudian bakal coba diimplementasikan di perangkat komputer. IBM bakal mengandalkan teknologi nano untuk meniru sistem saraf di otak agar bisa diimplementasikan di sistem komputer.

"Kami meyakini bahwa inisiatif ini akan membantu merancang komputer masa depan secara signifikan, membuat teknologi yang belum pernah terbayangkan sebelumnya," kata Josephine Cheng, pejabat di pusat riset IBM.

Adapun institusi perguruan tinggi yang terlibat dalam proyek ini adalah Stanford University, University of Wisconsin-Madison, Columbia University Medical Center, Cornell, dan University of California at Merced.

Sumber :
Fino Yurio Kristo - Komputer IBM (wikipedia)
http://www.detikinet.com/read/2008/11/24/123154/1041793/317/ambisius-komputer-ingin-samai-otak-manusia

Sumber Gambar :
http://www.ohiovalley.org/images/cartoons/manual/mancover.gif
http://www.blog.speculist.com/archives/cat_scenarios.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar